Yayasan Al Ma’shum saat ini melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap beberapa lembaga. Berikut lembaga-lembaga yang ada dibawah pembinaan Yayasan Al Ma’shum :

 

Mushola Al Ma'shum

 

Bisa dikatakan Musholla Al Ma’shum adalah ibu dari semua lembaga-lembaga Al Ma’shum. Dari musholla itulah semua cita-cita besar Yayasan Al Ma’shum bermula.

Tanpa terasa 5 tahun lebih pengurus Musholla Al Ma’shum berjuang memulai kaderisasi pengurus muda nya agar berkiprah lebih jauh di masyarakat.

Selama rentang waktu itu banyak sekali yang sudah dilakukan Musholla Al Ma’shum dengan multi ragam event, kegiatan & program baik yang bersifat pembangunan/rehab sarpras ataupun event pemberdayaan Umat.

Capaian kinerja yang ada sayang nya belum terdokumentasikan secara tertib sehingga tidak bisa dinikmati secara langsung.

Program masa depan yang hendak dikerjakan Yayasan Al Ma’shum ialah Proyek Pembangunan Musholla Al Ma’shum yang akan menghabiskan dana sekitar 1,5 – 2 milyar rupiah.

Dalam hal ini lah maka keberadaan Yayasan Al Ma’shum akan membantu lebih lanjut dalam penataan sistemik Mushola Al Ma’shum.

TPQ Al Ma'shum

 

Lembaga Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Al Ma’shum yang baru berumur 2 tahunan juga dalam tahap awal penentuan kiprah lebih lanjut. Masih banyak hal yang bisa didorong untuk kemajuan TPQ Al Ma’shum ke depan.

Aspek SDM, Kurikulum & Sarpras TPQ menjadi hal yang sangat penting dilakukan.

Dengan segala keterbatasan itu tidak mengurangi makna pelayanan & pendidikan Anak”/Santri TPQ Al Ma’shum untuk mendapatkan pelajaran/pengajaran yang lebih baik.

Dalam waktu dekat & menengah dewan Guru TPQ Al Ma’shum sudah bisa memiliki syahadah serta peningkatan jumlah santri & calon wisudawan santri di TPQ Al Ma’shum.

PAUD Flamboyan

 

Pos PAUD Flamboyan yang sudah eksis sejak tahun 2008 sebelum bergabung pada Yayasan Al Ma’shum pada awalnya berada di rumah warga kurang lebih 6 tahun.

Ketika itu pengorbanan para pendidik PAUD Flamboyan tak terkira sehingga ketika berniat bergabung ke Yayasan Al Ma’shum tentunya bisa membawa PAUD Flamboyan lebih baik.

Kualitas peserta didik di PAUD Flamboyan juga akan ditingkatkan seiring dengan peningkatan kapasitas pendidik PAUD Flamboyan yang lulus dari Strata 1 (S-1) S.PD (Aud). Memfungsikan APE luar yang dibutuhkan Anak” Peserta didik PAUD Flamboyan.

TBM / Perpusmas Flamboyan

 

TBM/Perpusmas Flamboyan yang ada sejak tahun 2012 sempat juga mengalami transit di rumah warga.

Migrasi ke Gedung Pendidikan Al Ma’shum tahun 2014 memang sudah sering berprestasi di tingkat Kota Pekalongan.

Dengan bekal itulah Icon Branding yang hendak dibangun TBM Flamboyan ialah Taman Baca yang konsen dengan dunai anak.

Target masa depan TBM/Perpusmas Flamboyan bisa lebih menata secara manajemen, kemanfaatan untuk masyarakat & memiliki jaringan luas secara regional maupun naisonal.

Oleh karena ini dibutuhkan relawan yang siap untuk berkerja, memberikan waktu yang luang untuk keaktifan TBM / Perpusmas Flamboyan.

Sinergitas itu semua akan menghasilkan kekuatan TBM/Perpusmas Flamboyan lebi gampang untuk menginjak Iconic Branding yang konsen terhadap dunia anak.

Majelis Taklim Pendidikan Al Qur’an Al Arob

 

Dengan Pembina Bapak. KH Abdullah Arob, Majelis Taklim Pendidikan Al Qur’an Al Arob memang tidak bertempat di Gedung Pendidikan Al Ma’shum melainkan di rumah pribadi beliau, ± 100 m arah ke selatan.

Sejak berdiri tahun 2005 Majelis Taklim Pendidikan Al Qur’an Al Arob ini merupakan lanjutan dari jenjang TPQ Al Ma’shum.

Selain itu terdapat kegiatan Majelis Taklim yang diselenggarakan rutin oleh lembaga Al Arob ini.

Memang masih terkendala SDM yang membantu beliau di pengajaran pendidikan di Majelis Al Arob. Serta kondisi manajemen & sarpras yang masih terbatas.

TeleCenter RW 3

 

Program TeleCenter RW 3 Kelurahan Sapuro Kebulen bermula pada tahun 2015 dimana aset & alat-alat telekomunikasi tersebut di titipkan oleh ketua RW ke Gedung Pendidikan Al Ma’shum, seiring perjalanan waktu pengelolaan TeleCenter tersebut dibuatkan Berita Acara penyerahan Pengelolaan Telecenter dari Ketua RW 3 Kelurahan Sapuro Kebulen kepada Yayasan Al Ma’shum.

Biaya operasional TeleCenter selama 2 tahun ini masih dicover oleh pemerintahan kota pekalongan, namun sejak maret 2017 Pemkot hanya memberi dana stimulan 150 ribu/bulan sisanya menjadi tanggung jawab Yayasan.

Program Kerja & Pengelola TeleCenter masih terpaku pada hal-hal klasik seperti tidak ada panduan dari pemkot maupun terbatasnya relawan yang mau menjadi pengurus TeleCenter.

Semoga dalam binaan Yayasan Al Ma’shum kendala-kendala ini bisa sedikit diatasi secara bertahap.

Santunan Anak yatim dan Dhuafa

 

Santunan anak yatim ini merupakan program baru yang dirintis oleh Yayasan Al Ma’shum dengan database anak yatim binaan Al Ma’shum sebanyak 50 anak yang tersebar di lingkungan Ex Kelurahan Sapuro ( 8 Rukun Warga).

Selain itu upaya Yayasan Al Ma’shum juga mengajukan santunan Beras bulanan ke Pemerintah Kota Pekalongan melalui Bag. Kesra, saat ini proposal sedang diverifikasi oleh Pemkot Pekalongan.

Kepemudaan

 

Pendampingan ke lini pemuda di lingkungan Sawah Tengah Sapuro untuk kegiatan Olahraga khususnya Sepak Bola & Futsal.

Pengajuan Proposal bantuan sudah masuk ke Yayasan Al Ma’shum. Sedang dalam proses verifikasi kebutuhan bantuan yang bisa diberrikan ke Pemuda Sawah Tengah.

Posyandu Lansia

 

Posyandu Lansia juga akan menjadi dampingan Yayasan Al Ma’shum dimana Lanjut usia perlu sekali diberi peluang untuk kegiatan yang produktif & menyehatkan jiwa & raga para Lanjut Usia tersebut.

Bantuan yang bisa diberikan berupa operasional Makanan Tambahan (PMT) atau juga bisa pengadaan obat kesehatan pada waktu Posyandu Lansia.