Sebelum menjadi Yayasan Al Ma’shum, sebelumnya terlebih dahulu dirintis oleh Musholla Al Mashum sebagai pusat perjuangan dakwah dan pendidikan Umat.

 

Dalam proses itu pengurus Musholla Al Ma’shum mencoba melakukan pembelian tanah yang terletak di sebelah utara Musholla yang kebetulan dimiliki oleh seorang dermawan.

 

Setelah terkumpul dana yang mencukupi untuk membeli tanah tersebut ternyata shohibul pemilik tanah tersebut malah mewakafkan tanah tersebut seluruhnya sehingga dana yang terkumpul bisa di gunakan untuk membangun Gedung Pendidikan sesuai niat wakaf dari muwakif tersebut.

 

Tahun 2014 mulailah tergabung beberapa lembaga-lembaga pendidikan yang ada di kampung RW 4 Kelurahan Sapuro Kota Pekalongan diantaranya Pos PAUD Flamboyan, Perpusmas/TBM Flamboyan, Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ) Al Ma’shum (lembaga baru) yang bersepakat untuk bersama-sama menempati Gedung Pendidikan Al Ma’shum.

 

Setelah bersama kurang lebih 2, 5 tahun di Gedung Pendidikan Al Ma’shum dirasa perlu untuk meningkatkan status legalitas lembaga-lembaga Al Ma’shum ke bentuk Yayasan.

 

Dengan inisiasi pengurus Musholla & Lembaga Pendidikan Al Ma’shum pada awal Desember 2016 mengajukan permohonan ke Notaris Bpk. HM Sauki, SH untuk bisa membantu legalitas Yayasan yang bernama Yayasan Al Ma’shum Sawah Tengah Sapuro Pekalongan.

 

Alhamdulilah pada akhir Desember 2016 sudah terealisasi status Badan Hukum Yayasan tersebut. Yayasan Al Ma’shum Sawah Tengah Sapuro Pekalongan berkedudukan di Jalan Sumatra Timur Gang 9 No. 50 RT 02 RW 03 Kelurahan Sapuro Kebulen Kota Pekalongan.